Sejarah AKBID

Pada pemilihan Bupati pilkada  2005  Drs. Pantas H Silaban MBA. Bersama Prof Dr. Victor Purba ( Guru Besar UI) terpilih  menjadi Panelis dalam debat kandidat pilkada Humbang Hasundutan tahun 2005. Dari pengalaman menjadi Debat kandidat ini , Drs. Pantas H Silaban,MBA mendapatan masukan dari para kandidat dimana 5 kandidat yang semuanya mengungkapkan faktor pendidikan sebagai  salah satu misi penting dalam pembangunan  Humbang Hasundutan .

Ide inilah yang mendorong dan menguatkan inisiatif Drs Pantas Silaban MBA, yang telah pengalaman sebagai pendidik ( Dosen di Universitas Nommensen Medan)   bersama dengan istri Ibu Adelima CR Simamora, SST, Skep, Ns, M.Kes (Yang juga tenaga pendidik di POLTEKKES Medan) memanfaatkan seluruh pengalaman dan jaringan yang dimiliki serta kerinduan untuk mengabdi di daerah sendiri  Humbang Hasundutan.

Untuk melakukan pengurusan berdirinya AKBID Kesehatan Baru Doloksanggul mulai dari hanya sekedar angan- angan jadi kenyataan. Proses pengurusannya dilakukan melalui sejumah tantangan  dan kesulitan, namun dibarengi dengan berbagai harapan serta kerja keras  tanpa putus asa sepasang aliuni SMA N 1 doloksanggul ini, memulai pengurusannya dari mempelajari  syarat-syarat pembukaan,mempersipkan proposal, diikuiti dengan mengurus bebagai kelengkapan yang dibutuhkan temasuk surat rekomendasi dari pemerintah Kabupaten baru terpilih  watku itu  dan akhirnya proposal direspon oleh dinas propinsi Sumatra Utara untuk melakukan visitasi pertama dan berhasil untuk mendapatkn rekomendasi untuk mengundang tim dari PPSDM DEPKES RI  ( Pusat Pendidikan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Jakarta dalam melakukan visitasi kedua dan hasil visitasi ini membanggakan assesor  dan  langsung menerbitkan rekomenasi untuk melakukan  pengurusan  kedirjen  DIKTI jakarta dan  dalam waktu satu bulan berikutnya ijinnya terbit dengan nomor  (SK Pendirian dari DIKTI no : 144/D/0/2006  dan Surat Rekomedasi dari DEPKES RI No: 440.446.1/4886/V/2006.  Pada tanggal 31 Juli 2006.

Pada tgl  19 agustus 2006 diadakan peresmian pembukaan AKBID  Kesehatan Baru Dolok Sanggul  bertempat di Balai Desa Jalan merdeka Doloksanggul  yang dihadiri oleh Bupati Humbahas  Bapak Drs. Maddin Sihombing, Msi  dan Bapak  Bangun Silaban,SE (Ketua DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan ) Mitra dari Australia Rev. August fricke sebagai representatif dari  Asia Fokus dan (Waktu itu juga diselengarakan seminar HIV- AIDS ) yang dibawakan oleh Dokter Senior dari RSU Pirngadi Medan dan juga turut hadir  lembaga adat mewakili masyarakat.

Kampus AKBID Kesehatan Baru Doloksanggul pertama berada di jalan letkol GA Manullang dengan memakai gedung PLKW Doloksanggul. Dan setelah gedung perkuliahan dan asrama yang baru  sudah rampung, maka pada tahun 2007 Kampus AKBID Kesehatan Baru Doloksanggul, pindah ke Jalan bukit inspirasi/sipalakki Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Sejarah AKPER

Didalam sejarahnya Akademi Keperawatan Teladan Bahagia didirikan pada tanggal 4 September 2002. Berdirinya Akper Teladan Bahagia pada tahun 2002 sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor : 194/D/O/2002 memutuskan dan menetapkan  memberikan  ijin penyelenggaran program studi keperawatan untuk jenjang Diploma III keperawatan `Akademi Keperawatan Teladan Bahagia yang diselenggarakan oleh  Yayasan Teladan Bahagia, sudah terakreditasi tanggal 23 Agustus 2015 dengan SK BAN – PT 9/156/4411D3/2014 dan tanggal 4 April 2012 SK Dikti 113655/D/T/K- I/2012.

Akademi keperawatan Teladan Bahagia berada  di Doloksanggul dengan alasan bahwa  untuk mengembangkan desa-desa terpencil dengan mendirikan pendidikan kesehatan untuk membantu pemerintah meningkatkan ketersediaan perguruan tinggi ditengah-tengah masyarakat  khususnya dibidang kesehatan yaitu akademi keperawatan yang berkomitmen dalam tridarma perguruan tinggi melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sehingga program pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dapat tercapai  untuk itu dibutuhkan tenaga kesehatan yang professional dibidang keperawatan secara khusus mereka dibutuhkan di Rumah Sakit, Puskesmas, Panti Werda, Rumah Sakit Jiwa, Klinik, Home Care, Keperawatan Mandiri.

Setelah Akademi Keperawatan Teladan Bahagia di Doloksanggul akper mengalami peningkatan baik dari segi jumlah mahasiswa dan fasilitas yang mendukung dalam peningkatan pendidikan mahasiswa dalam bidang keperawatan. Tahun 2010 untuk peningkatan status Yayasan Teladan Bahagia mengajukan untuk adanya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan dengan dua program studi D3 Keperawatan dan D3 Kebidanan untuk  proses pengajuan untuk pendirian STIKES.

Yayasan Teladan Bahagia merupakan Badan Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Swasta (BP-PTS) Akademi Keperawatan Teladan Bahagia  dengan alamat Jalan : Jln. Bukit Inspirasi/Sipalakki Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara.

Penyelenggaraan Akademi Keperawatan Teladan Bahagia  menaati status AKPER Teladan Bahagia. Penjaminan mutu pengelolaan AKPER Teladan Bahagia termasuk proses belajar mengajar didukung Sistem Penjaminan Mutu Akademik oleh bidang SPMI dan Akademik.

Program studi D-III Keperawatan Teladan Bahagia  dipimpin oleh seorang Direktur yang dalam menjalankan manajemen internal dibantu oleh 3 pembantu direktur. Direktur bertanggung jawab terhadap pengelolaan AKPER ditunjang oleh tenaga kependidikan yang tergabung dalam urusan akademik. Selama proses belajar mengajar, Pembantu Direktur I mengkoordinasi pembelajaran dibantu oleh bidang praktikum di laboratorium, untuk kegiatan pengabdian masyarakat dan penelitian dikoordinasi oleh ketua LPPM (lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat). Pembantu Direktur, SPMI, LPPM dan seluruh pejabat structural yang terpilih selanjutnya ditetapkan dengan Surat Keputusan Direktur.